Connect with us

Hi, mencari berita tertentu?

Pemerintahan

Pemkot Bekasi Izinkan Gelar Shalat Idul Adha, Begini Syaratnya

Pelaksanaan shalat Ied. (Sumber: PMJ News/Dok Net)

Bekasikinian.com, Kota Bekasi – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi memastikan masjid dan musola diizinkan untuk menggelar shalat berjamaah saat hari raya Idul Adha 1441 Hijriah besok, Jumat (31/7/2020).

“Sama seperti Idul Fitri kan sudah bisa (shalat berjamah), Dewan Kemakmuran Masjid nanti bentuk panitia shalat yang menyiapkan bagaimana protokol kesehatannya,” ucap Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, Selasa (29/7/2020).

Rahmat atau yang akrab disapa Pepen, menyarankan agar RW yang ada di zona merah tidak melakukan shalat berjamaah di masjid.

Namun, Pepen mengatakan, jika panitia bisa mencegah terjadinya penyebaran Covid-19, ia mengizinkan masjid atau mushala gelar shalat jamaah.

“Sekarang ini, umpamanya di RW itu ada (pasien Covid) usahakan untuk tidak dilakukan (shalat berjamaah), tetapi kan RW itu luas. Jadi itu di RT berapa, kita udah fokuskan karantina di RW kalau bisa jangan dilakukan, namun kalau standarnya cukup, physical distancing-nya ditempuh, panitianya juga dalam standar protokol berjalan, ya kembali pada kita masing-masing,” jelas dia.

Baca juga: Mendekati Idul Adha, Ini Syarat Protokol Kesehatan Shalat Id dan Penyembelihan Hewan Kurban di Bekasi

Masjid dan musala harus memastikan jaga jarak fisik berjalan dengan baik saat menggelar shalat berjamaah pada hari raya Idul Adha 1441.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Untuk itu, Pepen menghimbau agar setiap masjid dan musala yang menggelar shalat Id berjemaah memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik. Hal itu diharapkan dapat meminimalisir terjadinya penularan Covid-19 di antara para jemaah.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) telah menyelenggarakan sidang isbat untuk menetapkan awal Zulhijah 1441 H, Selasa (21/7/2020) sore. Dari hasil pengamatan hilal yang dilakukan di 87 titik di seluruh Indonesia , tanggal 1 Zulhijah 1441 H ditetapkan jatuh pada hari ini, Rabu (22/7/2020).

Maka begitu, Idul Adha jatuh pada 10 Zulhijah 1441 H bertepatan dengan 31 Juli 2020. Terkait pelaksanaan shalat Idul Adha, Kemenag menyatakan, masyarakat dapat melaksanakannya dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona.

Baca juga: Ini Sosok Emak-emak Lawan Begal, Pemberani dengan Tangan Kosong!

Apa reaksimu setelah membaca artikel ini?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Komentar

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terkait

Pemerintahan

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menyiapkan tata cara melaksanakan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban saat Idul Adha...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi setuju dengan rencana Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk memberi sanski kepada warga...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi  – Pemerintah Kota Bekasi sudah memberi ‘lampu hijau’ pada masyarakat yang ingin mengadakan acara massal, baik pernikahan, khitanan, dan...