Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kota Bekasi

Soal Sanksi Memberi ke Pengemis, Nek Masidah: Saya Tunggu Belas Kasihan Orang Lain Saja

Ilustrasi pengemis

Bekasikinian.com, Kota Bekasi – Menyikapi rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi yang akan memberikan sanksi kepada pemberi pengemis atau pengamen, banyak warga yang mempertanyakan dengan rencana tersebut.

Tak hanya warga yang sebagai pemberi, namun banyak juga pengemis serta pengamen yang keberatan adanya rencana Perda PMKS tersebut, mereka menilai apa yang telah perbuat demi mencari sesuap nasi dan tidak bermaksud kriminil.

Seperti Masidah, nenek berusia 62 tahun ini sehari-hari hanya mengandalkan belas kasihan dari orang lain, karena kakinya sudah tak sanggup lagi berjalan dengan normal. Ia hanya bisa meratapi nasib jika peraturan tersebut disahkan.

“Ya saya dirumah aja gak kemana-mana, nunggu bantuan dari orang lain saja,” ucap Masidah kepada Bekasikinian.com, Kamis (19/11/2020).

Ia mengaku hanya tinggal sebatang kara di rumah kecilnya yang terletak di belakang rumah duka di Jalan Baru Perjuangan, dengan keadaan kaki yang pincang karena tertabrak sebuah mobil.

“Iya kemarin jalan, ini abis ketabrak mobil,” tambahnya sambil menunjukkan bekas lukanya.

Sama seperti Masidah, seorang manusia silver bernama Agus (21) menyampaikan pendapat yang serupa. Dirinya merasa dirugikan atas Perda tersebut.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Kita sebagai pengemis merasa rugi, kan kita cari makan bukan usil dan maksa,” ujar Agus.

Baca juga: Pemkot Bekasi Rancang Perda untuk Jerat Pemberi Uang kepada Pengemis

Ia mengaku pengahasilannya dalam sehari bisa mencapai Rp 150 ribu, hasil dari jerih payahnya biasanya digunakan untuk makan sehari-hari hingga membayar kontrakan.

“Kalo rame ya ketutup (bayar sewa kontrakan), kalo sepi ya dicicil,” lanjutnya.

Sebelumnya, ia pernah menjadi seorang penjaga toko di salah satu mal di Bekasi.

“Dari awal Covid juga masih jaga (toko), tapi ya susah, sekalinya ada tawaran jauh dari sini harus ada kendaraan,” tambahnya.

Dengan adanya Perda tersebut, ia sangat keberatan karena hanya memiliki pekerjaan satu-satunya yaitu menjadi manusia silver.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bekasi tengah mempersiapkan Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Hal-hal yang termasuk dalam Perda itu seperti adanya sanksi bagi warga yang memberikan uang atau barang apapun kepada PMKS baik itu pengemis atau pengamen.

Tak hanya orang yang memberi, para penerima atau PMKS juga akan mendapat sanksi dan terancam dicokok oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Baca juga: Diduga Tertabrak Kereta Api, Beberapa Potongan Tubuh Ditemukan di Setiamekar

Apa reaksimu setelah membaca artikel ini?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terkait

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Seorang balita berusia 2 tahun meninggal dunia ketika dibawa oleh ibunya mengemis di sekitar Pasar Bantar Gebang, Kota...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi kini sedang merancang sebuah Peraturan Derah (Perda) tentang sanksi bagi warga Kota Bekasi yang...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Kabar gembira untuk warga Kota Bekasi, karena Kota Bekasi masuk dalam wilayah yang melakukan Program Langit Biru Pertamina...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Pemerintah Kota Bekasi memberikan bantuan beasiswa pendidikan masing-masing sebesar Rp 5 juta kepada mahasiswa yang terdampak Covid-19. Kepala...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Cuti bersama pada penghujung Oktober 2020 tentunya sangat ditunggu oleh masyarakat, tak terkeculi oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto meninjau langsung rumah warga terdampak angin puting beliung yang terjadi pada Jumat...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Pemerintah Kota Bekasi untuk yang ketiga kalinya kembali perpanjang masa Adaptasi Tatanan Hidup Baru (ATHB) dalam upaya mencegah...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi secara resmi menerbitkan maklumat terkait pencegahan terjadinya lonjakan penularan Covid-19 di Kota Bekasi....