Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kota Bekasi

Rencana Upah Naik Rp 150 Ribu, Buruh: Sehari Cuma Rp 5 Ribu, Nasi Uduk Aja Gak Dapat

Demo serikat pekerja di Gedung Dinas Ketenagakerjaan Kota Bekasi untuk menuntut kenaikan UMK 2021. (Foto: Bekasikinian.com/Agil Isa)

Bekasikinian.com, Kota Bekasi – Mulai dari siang hingga malam hari, serikat pekerja Kota Bekasi menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bekasi pada Selasa (17/11/20).

Aksi ini digelar untuk menuntut kenaikan Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) 2021. Serikat pekerja menuntut kenaikan upah pada 2021 yaitu sebesar 13,7% yang mana bila dikonversikan sekitar Rp 600 ribu.

“Dari serikat pekerja, kita menyampaikan kenaikan upah itu khusus Kota Bekasi itu sebesar 13,7%,” kata Rudolf, Anggota Dewan Pengupahan Kota (DPKo) Unsur Pekerja, kepada awak media, Selasa (17/11).

Adapun dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, memberikan angka untuk kenaikan upah sebesar 3,27%. Bila dikonversikan, angka tersebut sebesar Rp 150.303.

Baca juga: Kapolres Metro Bekasi Kota Dirotasi, Berapa Banyak Massa dari Bekasi yang Ikut Menyambut Habib Rizieq?

Sikap serikat pekerja menolak dengan kenaikan angka yang diberikan oleh pemerintah. Kenaikan tersebut dirasa terlalu kecil karena jika dihitung per hari kenaikan hanya Rp 5 ribu.

“Nasi uduk aja sekarang gak dapat 5 ribu, nah masa iya kenaikan kita hanya cuma 5 ribu. Bagaimana bicara untuk kesejahteraan karyawan atau pekerja kalau hanya 5 ribu,” terang Rudolf.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Rudolf juga mengatakan, kesepakatan belum tercapai karena Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) masih berpedoman kepada Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan (Menaker). Surat Edaran tersebut menyebutkan besar upah 2021 sama dengan upah 2020.

“Harapan kami, Apindo bisa bersepakat tanpa harus ada nanti walk out,” ujarnya.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Jalan I Gusti Ngurah Rai Ditutup Satu Arah

Apa reaksimu setelah membaca artikel ini?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terkait

Jawa Barat

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Perjuangan para pekerja di Kabupaten dan Kota Bekasi membuahkan hasil, karena Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi mengabulkan kenaikan...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Tarik-menarik dan silang pendapat antara serikat pekerja, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menghiasi penentuan...