Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kota Bekasi

Peristiwa Balita Meninggal di Bantar Gebang, KPAI: Sang Ibu Bisa Terjerat Pidana

Ilustrasi pengemis membawa anak (Foto: TEMPO/Eko Siswono Toyudho)

Bekasikinian.com, Kota Bekasi – Orang tua yang membawa anaknya untuk mengemis hingga meninggal di Pasar Bantargebang, Kota Bekasi terancam hukuman penjara.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Trafficking dan Eksploitasi, Ai Maryati menyebut, sang ibu balita tersebut bisa terjerat hukuman pidana.

“Kalau ada ranah pembiaran, kalau kedua ada pemaksaan, dan kalau ada unsur eksploitasi, masuknya ranah pidana,” ucap Maryati pada Minggu (29/11/2020).

Ia menjelaskan, hal tersebut harus dilalui dengan pemeriksaan polisi, dan jika tiga unsur tersebut terbukti dilakukan oleh sang ibu, maka itu bisa dipidanakan dengan tuduhan eksploitasi anak.

Baca juga: Peristiwa Balita di Bantar Gebang, DPRD Kota Bekasi: Banyak Warga Miskin Belum Terdata

“Tentunya harus ada penegakan hukum. Ini yang salah kaprah mengenai anak. Anak itu bukan aset atau alat legitimasi apalagi eksploitasi,” jelasnya.

Maryati meminta pihak kepolisian dan Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kota Bekasi mengusut kasus ini hingga tuntas.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Kami koordinasikan nanti untuk melihat dengan jernih apa yang jadi penyebab meninggalnya anak itu. Kami sangat menyesal bisa kejadian seperti ini,” ujar Maryati.

Sebelumnya, seorang balita meninggal dunia saat dibawa sang ibu untuk mengemis di Pasar Bantargebang, Kota Bekasi pada Kamis (26/11/2020).

Sang ibu sengaja membawa anaknya karena tak ada yang menjaganya ketika mengemis, dan diketahui anak tersebut sedang dalam kondisi sakit.

Baca juga: Peras Korban Hingga Rp 4 Juta, Polisi Gadungan di Bekasi Timur Berhasil Diringkus

Apa reaksimu setelah membaca artikel ini?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terkait

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Kasus meninggalnya seorang balita di Bantar Gebang pada Kamis (26/12/2020) menemui sedikit titik terang. Kabag Humas Pemerintah Kota...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Peristiwa meninggalnya balita berusia 2 tahun ketika dibawa mengemis oleh ibu kandungnya di Pasar Bantar Gebang, Kota Bekasi...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Seorang balita berusia 2 tahun meninggal dunia ketika dibawa oleh ibunya mengemis di sekitar Pasar Bantar Gebang, Kota...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Menyikapi rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi yang akan memberikan sanksi kepada pemberi pengemis atau pengamen, banyak warga yang...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi kini sedang merancang sebuah Peraturan Derah (Perda) tentang sanksi bagi warga Kota Bekasi yang...