Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kota Bekasi

Mengenal ‘Si Gadis’ La Nina dan Bagaimana Antisipasi Pemerintah Daerah Bekasi

Ilustrasi La Nina (Foto: dyana wing unsplash/unsplash)

Bekasikinian.com, Bekasi – Fenomena La Nina belakangan ini menjadi buah bibir warganet. Hal ini setelah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan fenomena La Nina sedang terjadi di Samudera Pasifik dengan intensitas sedang.

Terlebih, BMKG juga mengumumkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akan mengalami dampak La Nina lebih awal. Lantas, apa sebenarnya fenomena La Nina itu? Dan apa penyebab serta dampak yang ditimbulkan La Nina? Mari kita ikuti penjelasan berikut:

Apa itu fenomena La Nina?

Dalam bahasa Spanyol, La Nina adalah anak perempuan, gadis atau putri. Sedangkan kebalikan dari La Nina adalah El Nino yang mempunyai arti yaitu anak laki-laki.

Kasubid Analisis Informasi Iklim BMKG Adi Ripaldi menjelaskan La Nina adalah siklus lebih dinginnya laut di pasifik equator yang mempengaruhi sistem iklim global. Kejadian itu terjadi pada saat Samudra Pasifik dan Atmosfer di atasnya berubah dari keadaan netral selama beberapa musim.

Dampak La Nina Bagi Indonesia

Secara umum, dampak utama La Nina di Indonesia adalah peningkatan curah hujan. Tetapi dampak itu akan berbeda-beda tergantung tipografi di wilayah tersebut.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berdasarkan kajian ilmiah, dampak La Nina berupa peningkatan curah hujan terjadi terutama di bagian tengah dan timur wilayah Indonesia.

BMKG juga memastikan bahwa Jabodetabek akan terkena efek La Nina lebih awal dari wilayaah lainnya. BMKG juga menjelaskan wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, NTB dan NTT akan merasakan musim hujan lebih awal.

Dampak La Nina juga berpengaruh terhadap timbulnya masalah kesehatan seperti penyakit diare, demam, typhus, kolera, disentri, leptospirosis, dan hepatitis A. Masalah-masalah kesehatan tersebut perlu diwaspadai terutama pada daerah-daerah yang rawan banjir.

Langkah Antisipasi Pemerintah Kota dan Kabupaten Bekasi

Untuk lingkup Kota Bekasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi menyampaikan kepada warga Kota Bekasi untuk siaga menghadapi banjir dan longsor yang disebabkan dari fenomena La Nina lebih awal.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala BPBD Kota Bekasi Agus Harpa mengatakan, Pemkot Bekasi dan masyarakat Kota Bekasi diharap untuk siaga akan kedatangan bencana banjir.

Untuk itu, perlu kerjasama masyarakat seperti RW Siaga, Pemuda tanggap Bencana, dan Kelurahan Tangguh Bencana agar sewaktu-waktu dibutuhkan untuk evakuasi warga terdampak banjir dan longsor.

BPBD Kota Bekasi juga memantau 24 jam perbatasan termasuk di 5 titik pantau Kali Bekasi beresama dengan stakeholder terkait yang bertujuan untuk mendeteksi dini banjir.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sama halnya dengan Kota Bekasi, BPBD Kabupaten Bekasi juga tengah bersiap menyiapkan langkah untuk menghadapi La Nina.

Sedangkan BPBD Kabupaten Bekasi melakukan pengawasan di beberapa titik yang berpotensi banjir seperti, Tarumajaya dan Muara gembong.

Untuk membantu tersebarnya himbauan, BPBD Kabupaten Bekasi turut melibatkan relawan dari setiap desa untuk memaksimalkan himbauan kepada masyarakat dan menyiapkan layanan aduan elektronik seperti, call center dan melalui grup whatsapp.

Apa reaksimu setelah membaca artikel ini?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terkait

Kabupaten Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kabupaten Bekasi – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku telah menerima laporan dari masyarakat mengenai dugaan korupsi pembangunan toilet di sejumlah sekolah...

Kabupaten Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kabupaten Bekasi – Sebanyak 81 kendaraan dinas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi ‘hilang’. Kendaraan-kendaraan tersebut diketahui dimiliki oleh pihak yang tidak seharusnya....

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kabupaten Bekasi – Pada awal Desember 2020, ribuan buruh di kawasan industri MM2100 Kabupaten Bekasi dites swab massal. Dari dua ribuan...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Jelang akhir tahun yang biasanya menjadi puncak musim penghujan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mempersiapkan 26 pompa air mobile...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Peristiwa meninggalnya balita berusia 2 tahun ketika dibawa mengemis oleh ibu kandungnya di Pasar Bantar Gebang, Kota Bekasi...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Anggota Polsek Bekasi Timur, Kota Bekasi berhasil meringkus dua orang yang melakukan tindak pemerasan dengan modus berpura-pura menjadi...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bekasi, Abi Hurairah memastikan di seluruh wilayah operasinya sudah bersih...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Angin segar segera dirasakan oleh goweser (sebutan untuk pesepeda) Kota Bekasi. Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi akan memperpanjang jalur...