Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabupaten Bekasi

Peduli dengan Korban Dampak Covid-19, Warga Babelan Sulap Rumah Jadi Tempat Makan Gratis

Pemilik rumah makan gratis di Marakash, Kabupaten Bekasi (Foto: Zaki)

Bekasikinian.com, Kabupaten Bekasi – Sebuah rumah makan di Bekasi menjadi viral karena menyediakan makanan gratis untuk kaum dhuafa, anak yatim, dan orang-orang yang terdampak Covid-19.

Berawal dari video yang dibuat oleh @theswitaa, rumah makan tersebut menjadi ramai, diketahui pembuat video tersebut adalah anak dari pemilih rumah makan.

Pemilik rumah makan bernama Tasimin atau kerap disapa Amin (50) ini mengaku awal mula membuat rumah makan gratis ini ketika ia melihat banyak orang yang kesulitan saat covid-19.

“Liat banyak orang kesulitan dari segi ekonomi atau kena PHK, saya juga merasakan apa yang mereka rasakan karena sebelumnya saya pernah menjadi pedagang asongan,” jelas Amin saat ditemui oleh Bekasikinian.com, Selasa (2/11/2020).

“Buka usaha ini sedikit terinspirasi dari orang lain. Tapi memutuskan untuk membuat yg berbeda. Jadi istilahnya buat baik tapi boleh serupa tapi tidak sama,” tambahnya.

Ia sama sekali tidak berpikiran untuk rugi apalagi menyesal memberikan makanan secara gratis.

“Saya sama sekali tidak ada pikiran begitu, saya yakin Allah memberikan jalan yang penting niat nawaitu udah jalan,” ucapnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Selama ia berjualan, dirinya bekerja seorang diri dari mulai belanja hingga memasak. Untuk berjualan, ia terkadang dibantu keluarganya.

Ketika rumah makannya sudah dikenal banyak orang, muncul donatur yang turut menyumbang bahan makanan.

Sumber: Tangkapan layar dari video viral rumah makan gratis di Babelan (tiktok.com/theswitaa)

Baca juga: Viral Tukang Bakso Asal Rawalumbu Mirip Raffi Ahmad, Masa Sih?

“Awalnya saya gak tau, mungkin mereka terbesit untuk ikut berbagi. Kebanyakan dari keluarga tetapi ada juga dari orang lain tapi tidak mau disebutkan namanya,” tutur Amin.

Rumah makan yang beralamat di Taman Flora No.2 Marakash, Desa Bahagia, Babelan, Kabupaten Bekasi ini buka mulai pukul 11.00 sampai 15.00 WIB.

Menu yang disajikan berbeda tiap harinya tetapi sop iga disini menjadi menu andalan yang hanya hadir di hari Sabtu, berikut menu harian yang ada di warung makan gratis Marakash:

Hari Senin
Opor ayam, tumis buncis jagung muda, tahu tempe
Hari Selasa
Rendang ati, lele goreng, capcay, bakwan
Hari Rabu
Soto ayam, sayur asem, ikan asin, sambel terasi, lalapan
Hari Kamis
Telor balado, tumis kacang panjang tempe, semur ati ampela, bakwan jagung
Hari Jum’at
Gule, telor dadar, sayur bening, ikan balado
Hari Sabtu
Sop Iga, soun cabe hijau, bakwan jagung, ikan balado.
Hari Minggu libur.

Respon warga sekitar rumah makan sangat mendukung apa yang dilakukan oleh pak Amin, ia beralasan jika buka diluar mungkin akan banyak warung yang keberatan karena warungnya akan sepi.

Ia berharap agar banyak orang yang mencontoh dirinya, dan ia mengajak agar bersedekah tidak hanya di Jumat saja.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Kalau mau dicontoh ya silahkan contoh, saya itu mikir kenapa kalo bersedekah hanya dihari jumat saja, sedangkan orang-orang butuh itu setiap hari,” tandasnya.

Baca juga: Kota Bekasi Rangking 1 Penanganan Covid-19 di Jabar, Tapi Kok Zona Merah?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terkait

Kabupaten Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kabupaten Bekasi – Salah satu Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau setara dengan Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bekasi telah menggelar Kegiatan Belajar...

Kinian Preneur

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Pandemi Covid-19 membuat seluruh aspek kehidupan manusia terganggu, dampak paling nyata menyasar ke sektor ekonomi. Karantina wilayah di beberapa...

Kabupaten Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kabupaten Bekasi – Covid-19 kembali merenggut nyawa tenaga kesehatan, kali ini dua tenaga kesehatan di Kabupaten Bekasi gugur akibat terinfeksi Covid-19....

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Layaknya sinar rembulan yang menerangi di kala malam, kurang lebih itulah yang menggambarkan Rumah Makan (RM) Gratis Bunda...