Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabupaten Bekasi

Naik Jadi Rp 4,79 Juta, UMK di Kabupaten Bekasi Lebih Tinggi dari Kota Bekasi

Ilustrasi uang.

Bekasikinian.com, Kabupaten Bekasi – Kabar baik untuk seluruh pekerja di Kabupaten Bekasi, karena Upah Minimum Kabupaten (UMK) Bekasi 2021 naik sebesar 6,51 persen.

Maka dari itu, gaji minimum yang bisa dikantongi oleh pekerja di Kabupaten Bekasi mencapai Rp 4.791.843 dari sebelumnya di angka Rp 4.498.961 atau naik Rp 292.843.

Kenaikan tersebut dihasilkan dari voting dari beberapa pihak terkait. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Bekasi, Suhup pada Kamis (19/11/2020).

“Keputusan (kenaikan UMK) diputuskan melalui voting. Hasilnya naik 6,51 persen,” ujar Suhup.

Dalam rapat pengambilan keputusan tersebut dihadiri oleh Dewan Pengupah Kabupaten Bekasi yang terdiri dari Pemerintah, asosiasi pengusaha, akademisi dan serikat buruh.

Baca juga: Tarik-menarik UMK Kota Bekasi 2021, Akhirnya Naik Jadi Rp 4,7 Juta

Rapat yang alot membuat penentuan hasil ditentukan oleh voting. Kenaikan UMK Kabupaten Bekasi didasarkan pada inflasi dan pendapatan domestik bruto (PDB).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dikarenakan tidak adanya inflasi di Kabupaten Bekasi, maka inflasi diambil dari Kota Bekasi yang mengalami inflasi pada September 2019 hingga September 2020 menyentuh 2,33 persen. Lalu, PDB Kabupaten Bekasi mencapai 4,18 persen.

“Dari hitungan tersebut kemudian dilakukan voting dan ditetapkan naik 6,51 persen kenaikan UMK-nya,” tambahnya.

Namun, hasil kenaikan UMK tersebut masih harus menunggu keputusan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Langsung kita kirimkan rekomendasinya ke Gubernur Jawa Barat, keputusan finalnya di sana,” pungkas Sahup.

Dengan kenaikan ini, maka besaran UMK di Kabupaten Bekasi pada 2021 lebih besar dibandingkan dengan UMK Kota Bekasi. Di Kota Bekasi, UMK disepakati naik menjadi Rp4.782.935. Selisih Rp 9 Ribu-an dibanding dengan UMK Kabupaten Bekasi.

Baca juga: Soal Sanksi Memberi ke Pengemis, Nek Masidah: Saya Tunggu Belas Kasihan Orang Lain Saja

Apa reaksimu setelah membaca artikel ini?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terkait

Jawa Barat

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Perjuangan para pekerja di Kabupaten dan Kota Bekasi membuahkan hasil, karena Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi mengabulkan kenaikan...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Kurang lebih sekitar 5.000 buruh yang tersebar di Kota dan Kabupaten Bekasi akan mengikuti aksi demonstrasi tolak pengesahan Rancangan...