Connect with us

Hi, mencari berita tertentu?

Nasional

Sempat Tertunda, BLT Rp 600 Ribu dari Pemerintah Cair Besok!

BLT
Ilustrasi.

Bekasikinian.com, Kota Bekasi – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memastikan bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp600.000 untuk karyawan gaji di bawah Rp5 juta akan cair besok, Kamis (27/8/2020) untuk tahap pertama.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meluncurkan penyaluran utama BLT ini untuk pekerja sebanyak 2,5 juta.

“Subsidi gaji atau upah nih data calon penerima banruan dan aktif pekerja sosial. Insya Allah dicairkan besok Kamis oleh Presiden RI dan Kementerian Ketenagakerjaan yang dipersiapkan untuk bantuan tahapan pertama,” ujar Ida Fauziyah di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (26/8/2020).

Dia mengatakan, proses subsidi gaji ini sudah berjalan dan akan terus dilakukan hingga 2020.
Adapun, tahapan ini sempat mengalami revisi dikarenakan harus mengumpulkan data yang akurat.

Baca juga: Sempat Naik Karena Klaster Keluarga, Pepen Klaim Penularan Covid-19 di Kota Bekasi Sudah Turun

“Alhamdullilah kesepakatan luar biasa dan dalam satu minggu kita merevisi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan membuat peraturan menterinya,” katanya.

Calon penerima BLT ini Berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 14 Tahun 2020 adalah WNI yang dibuktikan dengan NIK, pekerja atau buruh penerima upah (PU).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kriteria selanjutnya adalah terdaftar sebagai peserta aktif BP Jamsostek sampai Juni 2020, tenaga kerja aktif yang membayarkan iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp5 juta sesuai dengan upah terakhir yang dilaporkan pemberi kerja dan tercatat di BP.

Kedua, peserta BP Jamsostek yang baru aktif pada Juli 2020 tidak termasuk pekerja yang mendapatkan bantuan Rp600.000.

Terakhir, memiliki rekening aktif di bank.

Baca juga: Surat Edaran Wali Kota Bekasi: Rumah Sakit Dilarang Pungut Biaya Untuk Pasien Covid-19

Apa reaksimu setelah membaca artikel ini?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Komentar

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terkait

Nasional

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Pemerintah mengungkap akan memberikan bantuan khusus untuk karyawan swasta dengan gaji di bawah Rp 5 Juta. Setiap karyawan tersebut...

Nasional

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com – Sebanyak 5.965.048 orang sudah mendaftar program Kartu Prakerja hingga Kamis (16/4/2020), tetapi yang sudah menyelesaikan pendaftaran hanya 2.078.026 orang. Komunikasi...