Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nasional

BLT UMKM Rp 2,4 Juta Dibuka Hingga Desember, Begini Syarat dan Cara Mendaftarnya

Pelaku UMKM (iStock)

Bekasikinian.com – Pemerintah Republik Indonesia secara serius berupaya mengembalikan perekonomian masyarakat. Salah satunya dengan memberikan beberapa program bantuan yang ditujukan kepada warga terdampak Covid-19.

Dalam hal ini, pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) tidak luput dari perhatian pemerintah pusat untuk mendapatkan program bantuan tersebut.

Nantinya, UMKM akan menerima program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif atau BLT UMKM secara langsung dengan nominal sebesar Rp 2,4 juta.

Hingga kini pemerintah pusat masih membuka pendaftaran untuk UMKM yang ingin mendapatkan Banpres sampai bulan Desember 2020.

Diketahui, program Banpres Produktif ini merupakan dana hibah dari pemerintah pusat yang disalurkan melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM).

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan bantuan ini akan terus dibuka sampai penyerapan mencapai 100 persen yaitu lebih dari 3 juta pelaku usaha mikro di seluruh Indonesia.

Baca juga: Wacana Jawa Barat Bakal Ganti Nama, Ini Kata Ridwan Kamil

Advertisement. Scroll to continue reading.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan Banpres Produktif yang ditujukan untuk UMKM ini?

Dikutip dari laman resmi Menkop UKM, untuk mendapatkan bantuan ini warga masyarakat tidak akan dipungut biaya apa pun. Namun ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi.

Persyaratan yang dimaksud adalah merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan memiliki usaha mikro. Kemudian, bukan merupakan ASN, TNI/Polri dan pegawai BUMN/BUMD.

Adapun syarat lainnya yaitu tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari bank dan kredit usaha rakyat (KUR). Kemudian, memiliki surat keterangan usaha (SKU).

Program Banpres Produktif untuk Usaha Mikro (Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia)

Calon penerima Banpres harus memiliki rekening BRI, BNI, dan Bank Syariah Mandiri. Sementara, bagi yang belum memiliki rekening, akan dibuatkan pada saat pencairan oleh bank penyalur tersebut.

Setelah persyaratan terkumpul, pelaku UMKM harus mendaftarkan ke Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UKM) Kabupaten/Kota di wilayah masing-masing, Kementerian atau Lembaga, Perbankan, dan perusahaan dan pembiayaan yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Program Banpres Produktif untuk Usaha Mikro (Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia)

Baca juga: Duh, Wanita Asal Bekasi ini Tak Menyangka Pacaran dengan Napi, Hingga Diancam Foto Syurnya akan Disebar

Apa reaksimu setelah membaca artikel ini?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terkait

Nasional

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyalurkan bantuan berupa kuota internet gratis sejak Selasa (22/9/2020). Bagi kamu yang belum menerimanya,...

Nasional

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Pemerintah memperpanjang program diskon tarif listrik dan token listrik gratis. Berita tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia,...

Nasional

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi РPT PLN (Persero) mengkonfirmasi bahwa  masyarakat penerima bantuan pemerintah berupa token listrik gratis untuk bulan Mei sudah bisa diakses....

Nasional

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – PT PLN (Persero) mengungkapkan, bantuan pemerintah berupa token listrik gratis bulan Mei sudah bisa diakses. “Bagi pelanggan pascabayar, litrik...