Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nasional

Begini Syarat Mendapatkan Bantuan BLT Rp 600 Ribu

Ilustrasi (Net)

Bekasikinian.com, Bekasi – Pemerintah memastikan akan menunda pencairan program Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau subsidi gaji Rp 600.000.

Seperti diketahui, rencananya tahap pertama pencairan subsidi gaji karyawan itu akan diimplementasikan mulai 25 Agustus 2020.

Adapun syarat penerima bantuan subsidi gaji Rp 600.000 tersebut adalah pekerja dengan kepesertaan aktif di BPJS Ketenagakerjaan dengan iuran yang dibayarkan sampai bulan Juni 2020 alias tidak menunggak iuran.

Penerima subsidi gaji karyawan ini akan menerima bantuan Rp 600.000 satu kali sebulan selama empat bulan.

Pembayarannya dilakukan sebanyak dua tahap atau Rp 1,2 juta setiap penyaluran.

Maka, total bantuan yang diterima masing-masing pekerja adalah Rp 2,4 juta.

Bantuan pemerintah ini (subsidi gaji 5 juta) diharapkan bisa jadi stimulus pertumbuhan ekonomi lewat peningkatan konsumsi rumah tangga.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pencairan Bantuan Subsidi Upah dilakukan lewat tranfer ke rekening penerima sehingga karyawan calon penerima harus memiliki nomor rekening bank.

Baca juga: Pencairan BLT Rp 600 Ribu dari Pemerintah Ditunda hingga Akhir Agustus, Ini Alasannya

Bagi peserta BP Jamsostek yang tidak menggunakan rekening bank dalam penggajian alias masih menerima gaji bulanan dalam bentuk tunai, perusahaan pemberi kerja diminta melakukan koordinasi dengan bank dan BP Jamsostek.

Nomor rekening bank yang didaftarkan harus sesuai dengan penerima bantuan subsidi karyawan, status kepesertaan, dan status upah.

Artinya, identitas yang ada di rekening bank harus sesuai dengan calon penerima bantuan.

Pemerintah menunda penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) kepada 15,7 juta pekerja yang sedianya dijadwalkan pada 25 Agustus 2020 ini.

Penundaaan penyaluran tersebut menurut Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, karena harus dilakukan pengecekan kembali terhadap data yang diserahkan oleh BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek).

“Kalau di juknisnya (petunjuk teknis) waktu paling lambat 4 hari untuk melakukan check list. Jadi 2,5 juta (pekerja batch pertama ) kami mohon maaf butuh kehati-hatian untuk menyesuaikan data yang ada,” ujar Ida, Senin (24/8/2020).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Meski demikian, Menaker memastikan bahwa penyaluran subsidi gaji karyawan untuk tahap pertama sebanyak 2,5 juta pekerja akan disalurkan akhir Agustus ini.

Baca juga: Enggan Tutup Tempat Hiburan Saat Pandemi, Pepen: Demi Kemanusiaan

Apa reaksimu setelah membaca artikel ini?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terkait

Nasional

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Pencairan program Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau subsidi gaji sebesar Rp 600.000 dipastikan ditunda Pemerintah. Diketahui, awalnya tahap...

Nasional

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Pemerintah akan berikan bantuan subsidi gaji kepada karyawan swasta sebagai stimulus untuk mengatasi merosotnya perekonomian akibat pandemi Covid-19....