Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mading Online

Ini Dia 6 Cara Agar Membaca Buku Jadi Lebih Menyenangkan

membaca buku
Ilustrasi membaca buku (cottonbro/pexels)

Bekasikinian.com, Mading Online – Menurut sebuah studi, dalam 61 negara, Indonesia menempati peringkat ke 60 dalam membaca. Padahal, membaca dapat menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Kok bisa membaca buku menjadi menyenangkan? Oleh karena itu, saya akan membocorkan beberapa rahasia agar membaca buku menjadi lebih asyik! Ingat ya, ini rahasia!

1. Cari kategori buku yang disukai/sesuai dengan suasana hati

Hai fren, dalam mencari kategori buku, coba dimulai dari meminjam buku temanmu. Barangkali, ada buku yang kamu suka, seperti buku petualangan, percintaan, atapun komik. Ataupun, dalam beberapa kondisi, saat kamu galau akan masa depan, insecure, belum berdamai dengan masa lalu, kamu bisa mencari rekomendasi buku yang kamu butuhkan di google atau bertanya pada temanmu.

2. Jadikan buku sebagai teman

Saat bosan, meluangkan waktu sekadar membaca adalah kuncinya. Dari sekadar membaca blog, aplikasi novel, ataupun buku, kalau rutin akan menimbulkan rasa penasaran untuk membaca! Sehingga ada kemungkinan kamu menyukai buku dan bisa menjadi teman sehari-hari!

3. Membiasakan membaca tanpa memedulikan berapa halaman

Ada satu hal yang membuat orang terkadang malas membaca, yaitu jumlah halaman dalam buku. Alangkah lebih baik, mulailah membaca dari halaman yang sedikit. Tidak perlu memedulikan jumlah halaman buku yang dibaca. Oke?

Baca juga: Membuat Sendiri Wedang Jakukenserlema Pancor

4. Menaruh buku dimana-mana sehingga menimbulkan keinginan untuk membaca

Apakah kamu termasuk yang tidak memiliki keinginan membaca, padahal mempunyai buku yang sangat banyak? Coba deh, letakkan satu buku di pojok ruangan manapun. Karena, semakin sering kita melihat suatu objek, akan semakin timbul perasaan untuk mengotak-atik objek tersebut, lho!

Advertisement. Scroll to continue reading.
5. Membagikan isi buku yang kita baca

Sepertinya, setiap selesai membaca buku, ada rasa ingin menceritakan kembali isinya, apalagi kalau isinya sangat seru, benar kan? Maka dari itu, mulai saja bagikan apa yang sudah kamu baca, bisa di laman web, social media, ataupun membuat resume dari buku tersebut. Ayok, fren dicoba!

6. Buat daftar buku apa saja yang sudah dibaca

Kamu tahu? Semakin kita menulis setiap pencapaian, maka akan semakin besar kekuatan dalam diri kita untuk terus mengembangkan pencapaian tersebut. Oleh karena itu, amat bagus jika dalam sebuah notes, kita tuliskan apa saja yang sudah kita baca. Dan secara tidak langsung, akan bangkit rasa ambisi yang positif untuk terus memperbanyak membaca!

Sekian dari saya, terima kasih sudah membaca tulisan ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Bahagia

Karya: Mahna Zakiah Nadhif, SMP Negeri 25 Bekasi

Apa reaksimu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terkait

Mading Online

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Mading Online – Halo, sobat! Pada kali ini aku akan menyajikan fakta-fakta menarik dan unik seputar Indonesia, yang mungkin belum kamu...

Mading Online

Facebook Twitter WhatsAppMading Online Siswa Bekasi – Hai frenn, namaku mahna zakiah nadhif dari SMPN 25 BEKASI. Kamu tahu, frenn? Semua orang itu cerdas,...

Advertisement