Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mading Online

Fakta-fakta Menarik Seputar Indonesia yang Jarang Diketahui

fakta-fakta menarik
Hotel Indonesia.

Bekasikinian.com, Mading Online – Halo, sobat! Pada kali ini aku akan menyajikan fakta-fakta menarik dan unik seputar Indonesia, yang mungkin belum kamu ketahui. Penasaran? Simak tulisanku di bawah ini ya!

1. Bung Karno dalam keadaan sakit malaria ketika membacakan teks proklamasi

Bahkan, dua jam sebelum teks proklamasi dibacakan, Bung Karno yang sedang sakit masih tertidur lelap di rumahnya.

2. Indonesia terletak di daerah Cincin Api atau “Ring of Fire”

Ini artinya negeri ini terletak dipertemuan dua lempengan tektonik. Posisi ini menyebabkan semua wilayah kita aktif secara tektonik, dan kita ini memiliki sekurang-kurangnya 150 gunung berapi yang masih aktif.

3. Stasiun Kereta Api Tertinggi di Dunia Terdapat di Nagreg

Stasiun Nagreg (NG) merupakan stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Nagreg, Bandung. Dengan letaknya pada ketinggian +848 m, stasiun yang terletak di Daerah Operasi II Bandung ini merupakan stasiun kereta api tertinggi di Indonesia yang masih aktif.

4. Perumusan teks proklamasi yang dipimpin oleh Soekarno dan Hatta

Perumusan teks proklamasi yang dipimpin oleh Soekarno dan Mohammad Hatta di rumah dinas Laksamana Muda Tadashi Maeda. Rumah dinasnya sekarang telah dijadikan sebagai Museum Naskah Proklamasi oleh Pemerintah Indonesia.

Baca juga: Cantik

5. Teks asli proklamasi yang ditulis Bung Karno sempat dibuang di tong sampah

Teks asli proklamasi yang ditulis Bung Karno sempat dibuang di tong sampah rumah Laksamana Maeda. Untungnya, naskah tersebut ditemukan oleh BM Diah, seorang wartawan asal Aceh. Dan disimpan selama 47 tahun, sebelum diserahkan ke Museum Arsip Nasional tahun 1992.

Advertisement. Scroll to continue reading.
6. Sejarah warna merah putih pada bendera

Dalam sejarah, ternyata warna merah putih pada bendera diambil dari mitologi Austronesia yang melambangkan tanah dan langit. 

7. Bendera merah putih sebenarnya telah dibuat oleh Fatmawati

Bendera merah putih sebenarnya telah dibuat oleh Fatmawati, istri Bung Karno, sebelum tanggal 16 Agustus 1945. Tetapi, bendera tersebut dianggap terlalu kecil untuk dikibarkan.

Akhirnya, Fatmawati membongkar lemari. Ia menemukan kain sprei berwarna putih. Bagian merahnya dibeli dari seorang penjual soto oleh pemuda bernama Lukas Kastaryo.

8. Hotel Indonesia merupakan salah satu dari proyek mercusuar Bung Karno

Hotel Indonesia merupakan salah satu dari proyek mercusuar Bung Karno untuk membangkitkan harga diri bangsa Indonesia. Hotel ini dibangun untuk menyambut tamu kenegaraan dan tamu mancanegara peserta Asian Games IV/1962.

Dirancang oleh arsitek asal Amerika Serikat, Hotel Indonesia menjadi gedung pencakar langit pertama di Indonesia dan hotel bintang 5 pertama di Asia Tenggara. Bangga kan? 

Itu dia fakta-fakta menarik yang dirangkum pada artikel kali ini, semoga menambah wawasan kalian, dan membuat kita semakin cinta dengan Tanah Air Indonesia yang luar biasa!

Baca juga: Jago Bahasa Asing Tanpa Kursus? Bisa! Pake Aplikasi Ini

Karya: Mahna Zakiah Nadhif, SMP Negeri 25 Bekasi

Advertisement. Scroll to continue reading.

Apa reaksimu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terkait

Mading Online

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Mading Online – Menurut sebuah studi, dalam 61 negara, Indonesia menempati peringkat ke 60 dalam membaca. Padahal, membaca dapat menjadi sesuatu...

Mading Online

Facebook Twitter WhatsAppMading Online Siswa Bekasi – Hai frenn, namaku mahna zakiah nadhif dari SMPN 25 BEKASI. Kamu tahu, frenn? Semua orang itu cerdas,...

Advertisement