Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mading Online

Cas Cis Cus Seperti Bule, Ini Dia 4 Tips Biar Jago Bahasa Inggris

Ilustrasi.

Mading Online Siswa Bekasi – Menurut KBBI, bahasa adalah media komunikasi yang sangat penting untuk berkerjasama, berinteraksi, memahami informasi, mengidentifikasi diri, dan menyampaikan gagasan. Nah, bahasa Inggris adalah salah satu bahasa pengantar di dunia.

Dikutip dari Liputan6.com, bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia (1,13 milyar penutur). Diikuti dengan bahasa Mandarin (1,12 milyar penutur) dan Hindi (615 juta penutur).

Tapi, sayangnya banyak yang menganggap enteng soal bahasa Inggris. Di masa seperti sekarang, bahasa Inggris bukanlah sekedar mata pelajaran tambahan di sekolah.

Skill berbahasa Inggris di luar sekolah juga sangat penting dan dibutuhkan. Halnya pergi liburan ke luar negeri, setidaknya kamu mampu berbahasa Inggris karena bahasa Inggris adalah bahasa yang bisa dimengerti oleh siapapun dan di manapun.

Berikut cara mudah mempelajari bahasa Inggris yang sederhana tapi tetap efektif. Simak, kuy!

1. Perbanyak kosakata dalam bahasa Inggris

Kosakata ini penting banget karena menurutku ini adalah basic awal atau modal awal kamu buat belajar bahasa Inggris. Kamu bisa baca-baca vocabulary dari kamus Indonesia-Inggris atau dari aplikasi, dan lain sebagainya.

2. Ketahui 4 unsur berbahasa Inggris

– Membaca (Reading)
Membaca bisa membantu kamu untuk mengeksplor kosakata baru dalam teks, lho! Teknik membaca juga bisa membantu kamu untuk menghafal satu kosakata, huruf demi huruf-nya. Untuk latihan membaca, kamu bisa cari buku cerita yang ada bahasa Inggris dengan terjemahannya atau cerita-cerita singkat di internet.

Advertisement. Scroll to continue reading.

– Menulis (Writing)
Latihan menulis juga perlu dalam proses belajar bahasa Inggris. Menulis bisa membantu kamu untuk mengeja kosakata dan bisa menguatkan ingatan kamu tentang kosakata tersebut. Latihan menulis bisa kamu mulai dengan mencatat kegitan sehari-hari (diary notes) atau chatting menggunakan bahasa Inggris.

Baca juga: Membuat Lukisan Keren dari Cangkang Kulit Kerang Dikombinasi dengan Cangkang Kulit Telur

– Berbicara (Speaking)
Siapa yang ngaku jago bahasa Inggris tapi pas diajak ngomong malah, “Umm.. Like.. Ngg”, “You know.. Like..” Hahahha… Speaking atau berbicara juga nggak kalah pentingnya sama poin-poin di atas. Nyatanya, banyak orang jago reading dan writing, tapi, kebanyakan dari mereka ngga bisa speaking dengan alasan malu, gak pede, dan lain-lain. Nah, modal awal untuk speaking sebenarnya hanya butuh kepercaya diri-an aja kok, guys! Biar bahasa Inggris kamu jadi lebih lancar, penting banget untuk sering praktik, yaa.

– Listening (mendengar)
Listening sangat penting untuk melatih pendengaran kita tentang bahasa Inggris yang katanya kayak meleset-meleset gitu, iya kan? Latihan listening bisa kamu mulai dari mendengarkan lagu barat dan menonton film barat. Atau, berdialog dengan teman kamu, lho! Dengan begitu, kamu akan terbiasa mendengar dan merespon dalam bahasa Inggris!

– Tambahan: Rapid Response (respon cepat)
Mungkin kamu pernah bilang, “gue tuh kalo denger orang ngomong bahasa Inggris sebenernya paham, tapi gue nggak tau cara meresponnya.” Okey, akupun begitu. Kadang aku butuh waktu untuk mengerti apa yang lawan bicara-ku katakan. Untuk berlatih rapid respon kamu hanya perlu latihan dengan konsisten, terutama speaking dan listening.

3. Latihan dan asah kemampuan dengan konsisten

Di samping itu, bahasa Inggris juga harus belajar grammar untuk memperdalam dan meningkatkan kemampuan kita. Menurut aku, belajar bahasa itu cepet lupa kalau nggak diasah dengan konsisten. Jadi, belajar bahasa itu harus konsisten, yaa!

4. Les atau bimbel

Kalau memungkinkan, les atau bimbingan belajar juga bisa jadi pilihan kamu untuk belajar bahasa Inggris. Berikut tempat les atau bimbel khusus bahasa Inggris rekomendasi dari aku :
– Ms. Lovie’s Terrace
– English Academy by Ruangguru

Well, itu dia beberapa tips mudah yang bisa kita lakukan dalam belajar bahasa Inggris. Skill berbahasa Inggris juga bisa menjadi nilai plus, mempermudah bersosialisasi dengan berbagai kewarganegaraan, dan memiliki daya ingat yang lebih kuat. Aku harap kamu mampu menerapkan poin-poin di atas dalam kehidupan sehari-hari, ya!

Advertisement. Scroll to continue reading.

Baca juga: Ini 9 Aktivitas Produktif Selama Ramadhan, Nomor 4 Sering Banget Dilupain!

Karya: Joan Thalita Marbun, SMP Negeri 38 Kota Bekasi

Apa reaksimu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terkait

Advertisement