Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komunitas

Komunitas Selir Jalanan, dari Kolong Tol Jatiasih untuk Bekasi

Lapak baca di kolong tol Jatiasih yang diinisiasi oleh komunitas Selir Jalanan.

Bekasikinian.com, Kota Bekasi – Sekelompok muda-mudi yang menamai diri mereka Selir Jalanan, merupakan komunitas pecinta literasi di Kota Bekasi. Membuka lapak baca di kolong Tol Jatiasih menjadi salah satu kegiatan mereka.

Ibnu Maulana (20), salah satu inisiator tercetusnya Selir Jalanan dan hadirnya lapak buku di kolong tol ini. Awal tercetusnya Selir Jalanan dan membuat lapak baca karena mengisi kekosongan ketika perkuliahaan menerapkan kuliah secara daring.

“Kebetulan saya lagi libur, lagi pandemi gini kuliah online pengen cari kegiatan,” jawabnya kepada Bekasikinian.com, Minggu (13/9/20).

Ibnu yang merupakan mahasiswa jurusan pendidikan bahasa dan sastra ini juga membeberkan arti dari Selir Jalanan itu sendiri.

“Selir dalam kata tiga itu artinya jendela, jalanan ya kita hidup di jalan. Dari jendela jalanan itu, ingin menunjukkan bahwa apasih itu jalanan. jalanan gak hanya itu-itu aja. ada banyak bidang ilmu, salah satunya ini (lapak baca),” terangnya.

“Ada pepatah bilang buku adalah jendela dunia, dan kami Selir Jalanan ingin mengatakan bahwa jalanan adalah jendela dunia, karena di jalanan kita dapat banyak hal,” sambungnya.

Pengunjung tengah membaca buku di lapak baca yang berlokasi di kolong tol Jatiasih.

Baca juga: Ada Lapak Baca di Kolong Tol Jatiasih, Sensasi Baru Membaca Buku

Ia juga mengungkapkan, hadirnya lapak baca oleh teman-teman Selir Jalanan ini menjadi balas budi mereka sebagai pemuda di Bekasi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Saya kan tinggal di Bekasi, gimana caranya saya pengen balas budi ke Bekasi. Jangan Bekasi dijelek-jelekin terus. Tujuannya pengen ada feedback karena kita tinggal di Bekasi,” bebernya.

“Nah, Alhamdulillah saya kepikiran kegiatan ini, kegiatan dibidang literasi dan nama dari kita-kita ini Selir Jalanan,” sambungnya.

Ibnu mengungkapkan, pengunjung lapak baca sekitar 5-20 orang per harinya. Lapak baca buka hanya pada hari Minggu dan Rabu pukul 16.00 WIB.

“Bahkan bukan hanya baca di sini, kalo mau bawa pulang buat baca gapapa dipersilahkan asal nanti dikembalikan untuk pembaca lainnya,” katanya.

Total, kurang lebih sekitar 40 buku yang tersedia di lapak baca. Selain menyediakan lapak untuk membaca buku, Selir Jalanan juga menyediakan pakaian gratis bagi pemulung dan pengamen.

Diketahui, Buku-buku dan pakaian gratis yang mereka bagikan merupakan hasil sumbangan para donatur.

Baca juga: Mural di Flyover Rawa Panjang Jadi Spot Instagramable, Siapa sih yang Bikin?

Advertisement. Scroll to continue reading.
Apa reaksimu setelah membaca artikel ini?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terkait

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Kenaikan angka kasus Covid-19 tentunya berdampak pada ketersediaan tempat tidur isolasi di rumah sakit rujukan Kota Bekasi. Kepala...

Komunitas

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Bermula dari rasa cinta terhadap seni lukis jalanan atau street art, komunitas yang diberi nama Spasi muncul sebagai wadah...