Connect with us

Hi, what are you looking for?

Jawa Barat

Amazon Resmi Bangun Data Center di Jawa Barat, Mungkinkah di Bekasi?

Amazon Web Services

Bekasikinian.com, Bekasi – Amazon, salah satu perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat berencana akan membangun infrastruktur pusat data (data center) di Jawa Barat pada tahun 2021 mendatang.

Kabar tersebut diungkapkan langsung oleh Gubrenur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada pertemuan virtual West Java Investment Summit 2020 pada 16 November 2020 kemarin.

Nantinya, akan didirikan perusahaan Amazon Web Service (AWS) dengan nilai investasi mencapai Rp 40 triliun. Investasi ini tidak hanya melayani pusat data untuk perusahaan-perusahaan di Indonesia saja, melainkan di wilayah Asia Tenggara.

“Saya sangat bangga Jawa Barat bisa menjadi backbone (tulang punggung) data center yang tidak hanya dapat melayani Indonesia, tetapi juga perusahaan digital di ASEAN,” ungkap Emil dalam pertemuan virtual tersebut.

Tak hanya itu, Ia pun turut merasa bangga lantaran berhasil membuat Amazon melakukan investasi besar-besaran di Indonesia, khususnya di Jawa Barat. Sebelumnya, AWS berencana melakukan investasi tersebut di Malaysia.

“Kita tahu Amazon dimiliki orang terkaya di dunia yaitu Jeff Bezos, tadinya dia memilih investasi di Malaysia tapi saya rayu saja. Jadinya mohon maaf saya seperti sales menawari menu-menu investasi dan akhirnya Amazon mau,” ungkap Emil.

Baca juga: Tak Berizin, Satpol PP Kota Bekasi Copot Baliho Bergambar Habib Rizieq

Advertisement. Scroll to continue reading.

Lalu, dimana kah lokasi pembangunannya?

Rencananya terdapat tiga wilayah yang akan jadi lokasi pembangunan data center tersebut. Namun, Ridwan Kamil masih merahasiakan dimana lokasi tersebut dicanangkan. Sementara, dapat dipastikan pembangunan tersebut bukan di kawasan Bandung Raya.

Walau pembangunan dilakukan di Jawa Barat, Contry Leader AWS Indonesia, Gunawan Santoso sebelumnya menyatakan bahwa Jakarta akan menjadi region baru AWS di wilayah Asia Pasifik.

Selain itu, Senior Technical Evangelist AWS ASEAN, Donnie Prakoso pernah mengungkapkan bahwa tiga wilayah region Jakarta tidak benar-benar berada di Jakarta. Setiap wilayah akan dibangun dengan jarak tertentu.

Tujuannya untuk mengantisipasi potensi bencana alam. “Sehingga kalau ada bencana seperti banjir atau gempa bumi di satu zona, tidak akan mengganggu operasional zona lainnya. Jadi zona ketersediaan ini saling back up satu sama lain,” ungkapnya dikutip Katadata.co.id (18/11/2020).

Berdasarkan ungkapan tersebut, dapat dimungkinkan kalau nantinya pembangunan yang akan dimulai pada tahun 2021 tersebut bisa saja berada di Kota maupun Kabupaten Bekasi.

Secara demografis, Bekasi merupakan salah satu wilayah yang bersinggungan langsung dengan DKI Jakarta. Selain itu banyaknya perusahaan nasional maupun multinasional di Bekasi, tentu akan memungkinkan pembangunan tersebut dilangsungkan di Bekasi.

Tak sampai di situ, dengan adanya investasi besar-besaran ini tentu menjadi peluang bagi sumber daya manusia (SDM) potensial asal Bekasi Raya yang tentunya dapat mengurangi angka pengangguran di Bekasi.

Sementara dari sisi penunjang, infrastruktur di kawasan Bekasi Raya pun turut menjadi perhatian. Bagaimana tidak, untuk sekelas daerah penyaggah Ibu Kota, Bekasi dinilai memiliki infrastruktur yang baik. Tentunya dinilai cukup untuk menunjang perusahaan-perusahaan multinasional.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Baca juga: Melepas Bosan Sekaligus Bernostalgia? Ini Permainan yang Bisa Dilakukan Kala Pandemi

Apa reaksimu setelah membaca artikel ini?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terkait

Jawa Barat

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Perjuangan para pekerja di Kabupaten dan Kota Bekasi membuahkan hasil, karena Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi mengabulkan kenaikan...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Zona merah Covid-19 di Jawa Barat mengalami perpindahan dari Kota Depok ke Kota Bekasi. Gubernur Jawa Barat Ridwan...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Sejumlah wilayah di Jabodetabek mengalami pemadaman listrik pada Minggu (1/11/2020) siang. Beberapa lokasi seperti di Jakarta, Bekasi dan...

Kabupaten Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kabupaten Bekasi – Status zona merah penyebaran Covid-19 di wilayah Jawa Barat tinggal tersisa dua daerah. Diketahui, salah satunya ialah daerah...

Jawa Barat

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com – Wacana pergantian nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda santer dibicarakan. Wacana ini muncul dalam diskusi ‘Dialog Aspirasi Pengembalian Nama...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Penularan Covid-19 melalui klaster keluarga kerap terjadi di Kota Bekasi, klaster tertinggi penyebarannya tersebut kini mencapai 527 kasus...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Wakapolres Metro Bekasi Kota Alfian Nurrizal menyampaikan, kini pihaknya sudah tidak lagi melakukan pengamanan di daerah perbatasan Kota...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Polisi mengamankan total 105 pelajar di Kota Bekasi. Mereka diduga hendak melakukan kerusuhan di aksi demo UU Cipta...