Connect with us

Hi, mencari berita tertentu?

Gaya Hidup

Suka Skincare-an? Ini Tanda-tanda Skincare Kamu Sudah Tak Layak Pakai!

Ilustrasi memakai skincare. (Sumber: nbcnews.com)

Bekasikinian.com, Bekasi – Pada produk skincare biasanya dicantumkan tanggal kedaluwarsa yang menjadi patokan bagi kebanyakan orang bahwa skincare tersebut masih layak digunakan selama belum melewati tanggal kedaluwarsa.

Sebetulnya, tanggal kedaluwarsa skincare tentunya tidak akan sama lagi ketika sudah dibuka.

Banyak faktor yang menyebabkan skincare menjadi lebih cepat kedaluwarsa, seperti salah dalam penyimpanan, sering dibuka tutup, kebersihan, dan masih banyak lagi.

Hal itu yang mengakibatkan produk menjadi tidak layak digunakan dan harus segera dibuang.

Kamu sendiri pasti tidak ingin kulitmu jadi bermasalah hanya karena menggunakan skincare yang ternyata sudah tidak layak pakai, kan?

Nah, cari tahu yuk apa saja sih tanda-tanda skincare yang sudah harus segera dibuang walaupun belum lewat tanggal kedaluwarsa.

1. Pada skincare berbasis minyak jadi berbau tengik

Advertisement. Scroll to continue reading.

Meskipun produk berbasis minyak tidak mengandung bakteri, tetapi produk tersebut akan mengeluarkan bau saat sudah tidak layak dipakai. Hal ini karena minyak menjadi tengik seiring ikatan kimianya berubah karena pengaruh air dan cahaya.

Minyak yang tengik akan kehilangan semua nilai nutrisinya, sehingga tidak memberikan manfaat pada kulit dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan akibat radikal bebas.

Sebagai informasi, minyak pada produk skincare yang tengik berbau seperti krayon cair. Jika kamu mengamati perubahan bau yang tidak menyenangkan pada produk skincare, segera buang saja produk tersebut.

2. Ada perubahan warna

Perubahan warna produk skincare dari waktu ke waktu sebenarnya adalah hal biasa, terutama jika produk sering terpapar sinar matahari. Sedikit perubahan warna mungkin tidak masalah, tapi jika perubahan tampak jelas, bisa jadi artinya produk sudah tidak layak digunakan.

Baca juga: Ini Tips Sederhana Membuat Beef Yakiniku Sendiri di Rumah Ala Bento!

Untuk mencegah perubahan warna pada produk skincare, kamu perlu menjauhkannya dari cahaya matahari.

3. Muncul bau tak sedap

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kadang kala, wewangian ditambahkan dalam produk skincare untuk meningkatkan pengalaman sensorik yang dihasilkan. Wewangian sendiri juga merupakan campuran bahan yang kompleks yang seiring waktu dapat terjadi interaksi tertentu yang mengubah keseluruhan aroma.

4. Produk sudah kehilangan efektivitasnya

Menurut laman Stacked Skincare, pada beberapa produk perawatan, seperti produk jerawat dan tabir surya, seiring waktu bahan aktif pada produk tidak lagi seaktif yang seharusnya. Sehingga, produk perawatan jerawat bisa jadi tidak akan bekerja dengan baik dan tabir surya tidak dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya. Bahan lain seperti retinol dan vitamin C juga akan rusak dan menjadi tidak stabil saat kedaluwarsa.

5. Terjadi perubahan konsistensi

Seiring waktu, produk skincare juga akan mengalami perubahan konsistensi yang kadang-kadang bisa kamu rasakan. Seperti perbedaan fasa kimia, yaitu pemisahan antara fasa lemak dan fasa air.

Dikutip dari laman The Cosmetist, pengadukan ringan harusnya dapat mengatasi hal ini. Tapi dalam beberapa kasus tertentu, perbedaan fase ini tidak dapat ditangani sehingga membuat produk tidak layak untuk digunakan.

Sudah tahu kan beberapa tanda produk skincare sudah tidak layak digunakan walaupun belum melewati tanggal kedaluwarsa?

Jadi, kalau produk skincare kamu sudah menunjukkan tanda-tanda di atas, jangan dipakai lagi dan segera buang, ya!

Advertisement. Scroll to continue reading.

Baca juga: Keren! Ini 7 Kemiripan Bekasi dengan Kota-kota Hebat di Luar Negeri

Apa reaksimu setelah membaca artikel ini?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Komentar

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terkait

Gaya Hidup

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Bercita-cita menjadi penyiar, kini tak melulu diranah radio, karena telah hadir teknologi yang dapat mengasah bakat dan potensimu yaitu...

Gaya Hidup

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Setiap harinya kamu pasti bertarung dengan berbagai rutinitas. Tak jarang rutinitas tersebut menguras energi dan juga pikiranmu. Bukan hanya...

Gaya Hidup

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Penyebaran virus Covid-19 yang meluas adalah melalui udara, hal itu bukan hanya menimbulkan kekhawatiran masyarakat namun juga membuat pegowes...

Gaya Hidup

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Siapa sih yang nggak mau punya tubuh langsing dan proporsional? Hampir sebagian besar yang memiliki masalah tubuh adalah kaum...

Gaya Hidup

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Gaya hidup hedonisme adalah kebiasaan yang harus dihindari untuk mencapai tujuan menjadi kaya di 2020. Sebaliknya, kamu harus memikirkan...

Gaya Hidup

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Siapa bilang di Bekasi tak ada tempat makan yang enak? Nyatanya banyak sekali tempat makan di Bekasi yang cocok...

Gaya Hidup

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Pada Jumat lalu (12/6/2020), Sony baru saja mengumumkan bahwa mereka akan merilis game generasi terbarunya, yaitu PlayStation 5 (PS5)...

Gaya Hidup

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Semua orang pasti ingin mempunyai hubungan cinta yang bahagia. Segala cara dilakukan untuk mendapatkannya. Mulai dari membuat pasangan senang...