Connect with us

Hi, what are you looking for?

Gaya Hidup

Pernah Jadi Makanan Kelas Rendah, Ini Kisah Panjang Popcorn Menuju Bioskop

Ilustrasi menyantap popcorn saat di bioskop (Foto: Shutterstock)

Bekasikinian.com – Siapa sih yang tidak kangen dengan nonton film di bioskop saat ini? Mungkin kita bisa mengakalinya dengan nonton film melalui situs berbayar, tetapi belum tentu sama rasanya jika menonton langsung di bioskop.

Well, beberapa bulan lalu mungkin kita berpikir akan sulit untuk dibukanya bioskop ditengah pandemi.

PSBB yang ketat di Indonesia membuat bioskop ‘mati suri’ lebih dari 6 bulan, hal ini membuat pelaku perfilman dan usaha bioskop sangat merugi.

Kini, pembukaan kembali bioskop di Indonesia menemui titik terang. Sejumlah daerah terpantau mengalami penurunan dari jumlah kasus positif, hal ini menjadi alasan dibukanya kembali bioskop di sejumlah kota di Indonesia.

Sejumlah daerah melalui Pemerintah Daerah sudah memberikan lampu hijau bagi pelaku usaha bioskop untuk membuka kembali usahanya.

Terbukti, per 9 oktober 2020 CGV Kota Bandung membuka kembali bioskopnya. Lalu, diikuti oleh beberapa kota seperti, Batam, dan Jakarta.

Bagaimana untuk bioskop yang ada di Kota Bekasi? Apakah akan dibuka dalam waktu dekat?

Advertisement. Scroll to continue reading.

Harapan warga Kota Bekasi akan segera terwujud, karena Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi sudah memberikan sinyal akan dibukanya kembali bioskop di Kota Bekasi.

Berita lengkapnya ada link berikut ini:

Baca juga: Dikurangi 50 Persen, Bioskop di Kota Bekasi Siap Buka Rabu Pekan Depan

Nah, sambil menunggu pembukaan kembali bioskop khususnya di Kota Bekasi, tim Bekasikinian.com akan membahas hal yang wajib kita bawa saat menonton di bioskop, yaitu popcorn alias berondong jagung.

Popcorn identik sekali dengan bioskop, tetapi siapa sangka perjalanan popcorn untuk masuk kedalam bioskop sangatlah panjang dan berliku. Untuk itu, Bekasikinian.com akan mengulas bagaimana popcorn menjadi makanan ikonik ketika menonton bioskop.

Popcorn atau berondong jagung adalah makanan ringan berbahan dasar jagung. Ia dibuat menggunakan suatu alat yang mampu mengubah biji-biji jagung menjadi gumpalan-gumpalan keriting berwarna putih yang empuk dan lembut.

Ilustrasi popcorn (Foto: vegangoescrazy.com)

Popcorn pertama kali dikenal luas sekitar pertengahan 1800-an, dan dijual oleh pedagang kaki lima di festival atau karnaval.

Pedagang popcorn kaki lima (Foto: Kirn Vintage Stock/Corbis)

Dikarenakan pada zaman itu film layar lebar masih berupa film bisu, makanan menjadi barang haram untuk masuk kedalam bioskop karena menimbulkan suara bising.

Selain faktor film bisu, kalangan yang bisa menonton film di bioskop adalah kalangan atas dan popcorn merupakan makanan murah yang tidak mungkin akan dimakan oleh mereka.

Memasuki tahun 1927, film mulai hadir dalam format audio-visual. kalangan menengah kebawah bisa menikmati film di bioskop.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Ilustrasi orang mengantri bioskop (Foto: flashbak.com)

Tahun 1929, dunia dilanda krisis ekonomi dan masyarakat butuh adanya hiburan murah.

Momen itu dimanfaatkan penjual popcorn dengan menggelar lapaknya di depan teater. Mereka menawarkan popcorn dengan harga murah dan bisa masuk kedalam bioskop.

Pedagang popcorn menjual murah kepada penonton bioskop (Foto: medium.com)

Dan seiring berjalannya waktu, popcorn dapat masuk kedalam bioskop. Makanan ini pun tidak hanya identik di bioskop-bioskop AS saja tetapi juga di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Baca juga: Terungkap! Kasus Buang Sampah Sembarangan yang Sempat Viral Ternyata Berisi Sisa Acara Ultah

Apa reaksimu setelah membaca artikel ini?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terkait

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Pemerintah Kota Bekasi telah memberikan lampu hijau kepada pengelola bioskop di Kota Bekasi untuk mengoperasikan kembali bioskop. Hal...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Pemerintah Kota Bekasi telah memberikan lampu hijau kepada pengelola bioskop di Kota Bekasi untuk mengoperasikan kembali bioskop. Hal...

Kota Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bekasi meninjau persiapan pembukaan kembali bioskop di Kota Bekasi. Peninjauan ini dipimpin...

Kinian Preneur

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kabupaten Bekasi – Ditengah wabah pandemi Covid-19, sepak terjang bisnis ikan cupang cukup meyakinkan. Pasalnya, mengelola bisnis cupang dinilai lebih mudah...

Gaya Hidup

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Bercita-cita menjadi penyiar, kini tak melulu diranah radio, karena telah hadir teknologi yang dapat mengasah bakat dan potensimu yaitu...

Gaya Hidup

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Setiap harinya kamu pasti bertarung dengan berbagai rutinitas. Tak jarang rutinitas tersebut menguras energi dan juga pikiranmu. Bukan hanya...

Gaya Hidup

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Pada produk skincare biasanya dicantumkan tanggal kedaluwarsa yang menjadi patokan bagi kebanyakan orang bahwa skincare tersebut masih layak digunakan...

Gaya Hidup

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Penyebaran virus Covid-19 yang meluas adalah melalui udara, hal itu bukan hanya menimbulkan kekhawatiran masyarakat namun juga membuat pegowes...