Connect with us

Hi, what are you looking for?

Gaya Hidup

Mau Dapat Cuan dari Podcast? Ini 7 trik Untuk Memulainya!

Iustrasi. (Sumber: Pexels.com / Kate Oseen)

Bekasikinian.com, Bekasi – Bercita-cita menjadi penyiar, kini tak melulu diranah radio, karena telah hadir teknologi yang dapat mengasah bakat dan potensimu yaitu podcast!

Kegiatan ini merupakan siaran audio via internet yang membahas berbagai topik menarik mulai dari hiburan, pendidikan, sampai dengan membahas isu-isu hangat dan viral.

Menariknya podcast tidak terpaku waktu karena bisa didengarkan kapan saja sehingga pendengar mempunyai kesempatan yang lebih leluasa untuk mendengarnya.

Tertarik untuk menjadi seorang podcaster? Ini 7 trik untuk memulainya.

1. Pakai intro atau lagu pembuka yang menarik

Memilih elemen musik pembuka yang memikat merupakan kiat menarik hati penggemar.

Tidak hanya itu saja, kepiawaian menggunakan kata-kata pembuka yang khas setiap mengawali siaran akan membantu untuk memperkuat branding podcast milikmu.

Advertisement. Scroll to continue reading.

2. Perlengkapan podcast yang berkualitas

Hal terpenting yang perlu dipersiapkan untuk membuat podcast yang berkualitas dengan menyediakan peralatan yang lengkap.

Gunakan alat terbaik sesuai dengan standar podcast pada umumnya, seperti mixer, mic, komputer dan software editing yang dapat mendukung kelancaranmu melakukan siaran dan menghasilkan siaran podcast yang baik.

3. Membuat format podcast

Menentukan format podcast sangat penting untuk memperkenalkan gaya siaran yang ingin ditampilkan. Siapkan waktu sekitar 30 – 60 menit setiap episodenya dan isilah dengan konten yang bermanfaat.

Baca juga: Buat Kamu yang Baru Mulai Bisnis Online, Ini 4 Aplikasi yang Wajib Dicoba!

4. Mengedit podcast

Proses editing menjadi salah satu langkah terpenting sebelum mengunggahnya di platform podcast. Keunggulannya jika materi yang original masih ada kekurangan, bisa dipoles menjadi lebih maksimal dan sempurna, misalnya kejernihan suara, penambahan volume dan lainnya yang sifatnya teknis.

Advertisement. Scroll to continue reading.

5. Berikan cover yang menarik perhatian

Proses penentuan sampul muka atau cover image podcast, ibaratnya seperti membeli buku, karena orang pertama kali fokus melihat dari sampul dan visualnya.

Pilihlah desain cover image yang menggambarkan khasmu dan acara yang dibawakan. Tak perlu khawatir kini banyak fitur aplikasi di smartphone dan laptop yang bisa dieksplorasi atau bisa meminta bantuan kepada desainer profesional.

6. Gunakan platform yang populer

Materi podcast yang sudah siap untuk dipublikasikan bisa langsung kamu unggah melalui beberapa platform yang kini tengah berkembang, seperti Spotify, SoundCloud, Anchor, Castbox, atau Google Podcast.

7. Belajar dari podcast profesional yang berpengalaman

Jangan pernah berhenti untuk belajar! Di antaranya kamu bisa pelajari dari para podcaster profesional yang telah berpengalaman atau komunitas podcaster.

Gimana? Siap membuat podcast versimu?

Advertisement. Scroll to continue reading.

Baca juga: 7 Kuliner Khas Bekasi, Yang Terakhir Paling Nagih!

Apa reaksimu setelah membaca artikel ini?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terkait

Gaya Hidup

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com – Siapa sih yang tidak kangen dengan nonton film di bioskop saat ini? Mungkin kita bisa mengakalinya dengan nonton film melalui...

Kinian Preneur

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kabupaten Bekasi – Ditengah wabah pandemi Covid-19, sepak terjang bisnis ikan cupang cukup meyakinkan. Pasalnya, mengelola bisnis cupang dinilai lebih mudah...

Gaya Hidup

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Setiap harinya kamu pasti bertarung dengan berbagai rutinitas. Tak jarang rutinitas tersebut menguras energi dan juga pikiranmu. Bukan hanya...

Gaya Hidup

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Pada produk skincare biasanya dicantumkan tanggal kedaluwarsa yang menjadi patokan bagi kebanyakan orang bahwa skincare tersebut masih layak digunakan...

Gaya Hidup

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Penyebaran virus Covid-19 yang meluas adalah melalui udara, hal itu bukan hanya menimbulkan kekhawatiran masyarakat namun juga membuat pegowes...

Gaya Hidup

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Siapa sih yang nggak mau punya tubuh langsing dan proporsional? Hampir sebagian besar yang memiliki masalah tubuh adalah kaum...

Gaya Hidup

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Gaya hidup hedonisme adalah kebiasaan yang harus dihindari untuk mencapai tujuan menjadi kaya di 2020. Sebaliknya, kamu harus memikirkan...

Gaya Hidup

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Bekasi – Siapa bilang di Bekasi tak ada tempat makan yang enak? Nyatanya banyak sekali tempat makan di Bekasi yang cocok...