Connect with us

Hi, what are you looking for?

Gaya Hidup

Bekasi Mulai Musim Hujan, Ini Tips Ampuh Mengusir Nyamuk di Rumah dengan Bahan Alami

Tips mengusir nyamuk di rumah dengan bahan alami.

Bekasikinian.com – Musim hujan di Bekasi kerap kali menyebabkan banyak genangan yang mengundang nyamuk tuk berkeliaran di tempat tinggal kita.

Selain suaranya yang mengganggu, gigitan nyamuk juga membuat gatal serta menimbulkan berbagai macam penyakit seperti demam berdarah atau malaria.

Meskipun telah banyak berbagai macam obat anti nyamuk losion di pasaran, namun bagi beberapa orang obat tersebut tidak cocok. Salah satu yang kerap terjadi yaitu menyebabkan alergi atau iritasi pada kulit.

Ternyata, alam telah menyiapkan begitu banyak tanaman yang dapat menjadi obat ampuh mengusir nyamuk. Apa saja tanaman-tanaman tersebut? Berikut Bekasikinian.com rangkum 6 tanaman yang ampuh mengusir nyamuk.

1. Tanaman Sereh

Tanaman Sereh.

Selain dapat dijadikan bumbu masakan, sereh juga dapat dijadikan sebagai pengusir nyamuk. Hal ini karena sereh memiliki bau yang menantang bagi nyamuk.

2. Tanaman Rosemary

Tanaman Rosemary

Tanaman ini sering dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki bunga yang mungil dan cantik. Ternyata, rosemary ini juga dapat diandalkan untuk mengusir nyamuk karena memiliki aroma yang khas seperti minyak kayu putih dan sedikit mirip minyak telon.

3. Tanaman Catnip

Tanaman Catnip

Tanaman yang sekilas mirip dengan daun mint ini juga dapat mengusir nyamuk. Hal ini karena tanaman catnip memiliki zat aktif nepetalactone yang mampu menghalau nyamuk untuk datang ke rumah kita.

4. Tanaman Kenikir

Tanaman Kenikir.

Selain bisa dimanfaatkan menjadi bahan makanan, bunga kenikir dapat kita gunakan untuk pengusir nyamuk. Bunga kenikir memiliki zat aktif pyrethrum yang aromanya tidak disukai oleh nyamuk.

5. Tanaman Selasih

Tanaman Selasih.

Tanaman yang sering dimanfaatkan bijinya untuk minuman segar ini ternyata juga bisa mengusir nyamuk di rumah kita. Daun selasih memiliki zat aktif seperti eugenol, linalool serta geraniol yang tidak disukai nyamuk.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terkait