Connect with us

Hi, mencari berita tertentu?

Bekasi

Perang Saudara, Pembagian Hasil Jual Tanah Jadi Motif Penyerangan John Kei

John Kei terkait aksi penembakan di Green Lake City, Tangerang, Minggu (21/6) kemarin. (Foto: detikcom/Agung Pambudhy)

Bekasikinian.com, Kota Bekasi – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana menyebut penyerangan yang dilakukan kawanan John Kei didasari karena masalah keluarga. Lawannya ialah kelompok Nus Kei yang masih memiliki ikatan keluarga dengan John Kei.

Nana menyebutkan, John Kei merasa dikhianati oleh Nus Kei. Karena hasil penjualan tanah yang dianggap tidak sesuai dengan perjanjian awal. Karena alasan tersebut, John Kei memutuskan untuk menyerang kelompok Nus Kei.

“Motif ini bisa dikatakan sesama keluarga dilandasi permasalahan pribadi antara John Kei dan Nus Kei terkait adanya ketidakpuasan pembagian uang hasil penjualan tanah,” kata Nana di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (22/6).

John Kei dan Nus Kei juga tidak menemui titik terang terkait masalah tanah tersebut. Karena hal itulah akhirnya terjadi cekcok saling ancam melalui aplikasi Whats App, dan berujung penyerangan pada Minggu (22/6).

Kelompok John Kei mendatangi targetnya secara acak dengan sasaran utama Nus Kei. Namun, semua anggota kelompok Nus Kei juga dianggap halal untuk diserang.

“Jadi John Kei punya anak buah, Nus Kei juga punya anak buah. Ini (korban) dianggap merupakan kelompok Nus Kei,” jelas Nana.

Baca juga: Polisi Grebek Markas John Kei di Tytyan Indah

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sebelumnya, keributan terjadi di Green Lake City, Kota Tangerang , Banten pada Minggu (21/6). Dalam peristiwa tersebut, tembakan dilontarkan. Penjaga setempat bahkan sempat menutup gerbang perumahan, namun dirusak dengan ditabrak mobil oleh para pelaku.

Pada hari yang sama, aksi penganiayaan menimpa seorang warga berinisial YC (45) di Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat. Korban dihalang oleh sekelompok orang berkendara. YC langsung dihujani senjata tajam hingga dinyatakan tewas usai dilarikan ke rumah sakit.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, kedua periatiwa tersebut diduga dilakukan oleh kelompok yang sama. Usai dilakukan pengejaran, polisi berhasil menangkap 25 orang pada malam harinya.

Salah satu yang tertangkap bernama John Refra alias John Kei (JK). Seluruhnya diamankan di markas kelompok John Kei di Jalan Titian Indah Utama X, Bekasi.

John Kei sempat mendekam di penjara karena kasus pembunuhan Tan Harry Tantono alias Ayung (45). Atas perbuatannya, John Kei dijerat Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana dan divonis penjara selama 12 tahun pada akhir 2012.

Vonis tersebut lebih ringan dibandingkan dengan tuntutan jaksa penuntut umum, yakni pidana 14 tahun. Pada 29 Juli 2013, Mahkamah Agung (MA) menjatuhkan hukuman yang lebih berat kepada John Kei dari 12 tahun menjadi 16 tahun penjara. Sehingga pada 2014, John Kei dipindah dari Rumah Tahanan Negara Salemba Jakarta ke Lapas Permisan Nusakambangan.

Belum mendekam selama 12 tahun, John Kei dinyatakan bebas bersyarat pada 26 Desember 2019. Keputusan bebas bersyarat berdasarkan surat keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor Pas-1502.PK.01.04.06 Tahun 2019 tanggal 23 Desember 2019.

Sebelum diberikan bebas bersyarat, Jhon Kei sudah diberikan imbauan agar tidak kembali melakukan kesalahan. Surat keputusan pembebasan tersebut akan ditarik dan harus kembali menjalani masa pidananya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Baca juga: Begini Kronologi Keributan Hingga Penembakan oleh Kelompok John Kei Sebelum Tertangkap

Apa reaksimu setelah membaca artikel ini?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Komentar

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terkait

Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – John Refra Kei atau yang dikenal John Kei terancam hukuman mati dalam kasus penyerangan pamannya, Nus Kei. Penyerangan...

Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Polda Metro Jaya membenarkan telah melakukan penangkapan terhadap John Kei (JK) beserta kelompoknya saat melakukan penyergapan di Perumahan...

Peristiwa

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Keributan yang dilakukan kelompok John Kei di Cluster Australia Green Lake City, Kota Tangerang, didahului pembacokan yang menewaskan...

Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – John Kei bersama komplotan 24 orang lainnya ditangkap di markasnya yang berlokasi di Tytyan Indah Utama X, Kecamatan...

Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Pihak kepolisian menggerebek kediaman yang diduga merupakan kelompok John Kei di Perumahan Taman Titian Indiah, Kalibaru Timur, Medan...