Connect with us

Hi, mencari berita tertentu?

Bekasi

Pemkab Bekasi Usulkan Layanan Bike Sharing di Sejumlah Titik Kawasan Industri

Ilustrasi bike sharing. (Sumber: bicyclensw.org.au)

Bekasikinian.com, Kabupaten Bekasi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mengusulkan layanan sewa sepeda alias bike sharing diterapkan di sejumlah titik strategis antar kawasan industri.

“Sudah kita usulkan ke BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek) agar bike sharing bisa disetujui di antarkawasan industri sebagai langkah awalnya,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi Yana Suyatna, Kamis (9/7/2020).

Yana menjelaskan layanan sewa sepeda di sejumlah titik antar kawasan menurutnya paling memenuhi persyaratan untuk diterapkan selain titik strategis gedung instansi pemerintahan.

“Layanan bike sharing ini bisa dilakukan di kawasan seperti di Kawasan Industri Jababeka. Masyarakat bisa menggunakan sepeda ke stadion. Lalu dari Meikarta, Kawasan Lippo bisa menggunakan sepeda ke Pemkab Bekasi. Serta titik strategis lainnya yang kini masih dalam pembahasan,” ujarnya.

Infrastruktur jalan serta fasilitas yang terdapat di kawasan industri Kabupaten Bekasi mendukung untuk penerapan layanan sewa sepeda tersebut.

Baca juga: Sekolah Buka 13 Juli, Pepen Sebut Kota Bekasi Sudah Zona Hijau Covid-19

“Tinggal dilengkapi saja dengan sarana penunjang seperti jalur khusus untuk sepeda serta tempat penyimpanan sepeda di setiap titik penyewaan,” ucapnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pemakaian sepeda menjadi sebuah tren di masyarakat karena selain alasan olahraga, juga efektif mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.

“Otomatis juga dapat mengurai kemacetan di wilayah kita terutama saat pergantian shift kerja karyawan pabrik serta jam-jam sibuk,” katanya.

Usulan itu tengah dikaji BPTJ. Otoritas pengelola transportasi kawasan penyangga ibu kota tersebut sedang melakukan survei di wilayahnya.

“Layanan bike sharing ini disambut baik. Dari BPTJ sedang survei ada tujuh kota atau kabupaten diusulkan. Semoga Kabupaten Bekasi mendapatkan itu,” katanya.

Jika disetujui, Dishub Kabupaten Bekasi akan melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan setiap perusahaan di kawasan industri agar karyawan perusahaan bisa menggunakan sepeda menuju tempatnya bekerja.

“Kita lihat dulu hasil survei BPTJ seperti apa nanti. Jika Kabupaten Bekasi bisa terapkan bike sharing, kita akan lalukan MoU dengan perusahan. Tren bersepeda juga harus terus didorong karena bisa mengurai kemacetan sekaligus mengurangi polusi,” kata dia.

Baca juga: Akhirnya! Mulai Hari Ini Ojol di Kota Bekasi Boleh Angkut Penumpang Lagi

Advertisement. Scroll to continue reading.
Apa reaksimu setelah membaca artikel ini?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Komentar

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terkait

Cikarang

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kabupaten Bekasi – Seorang perawat di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Lemah Abang, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi dinyatakan positif Covid-19. Maka...

Cikarang

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kabupaten Bekasi – Unit Reskrim Polsek Setu berhasil membekuk dua orang resedivis spesialis pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang kerap meresahkan masyarakat...

Cikarang

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kabupaten Bekasi– Tersebar sebuah video warga mengusir petugas medis ber-APD (alat pelindung diri) di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten...

Peristiwa

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kabupaten Bekasi – Jenazah yang hilang di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karangbahagia, akhirnya ditemukan oleh anggota Polsek Cikarang Utara, di dalam...

Cikarang

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kabupaten Bekasi – Jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang terinfeksi Covid-19 di beberapa rumah sakit di Indonesia terus bertambah. Salah satunya ialah...

Cikarang

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kabupaten Bekasi – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sudah memperbolehkan sekolah-sekolah untuk kembali melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka....

Cikarang

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kabupaten Bekasi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi masih belum merealisasikan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka. Hal tersebut berkaitan dengan belum...

Peristiwa

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kabupaten Bekasi – Kasus bullying atau perundungan yang dialami oleh DN seorang siswi SMK di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi berakhir damai. ...