Connect with us

Hi, mencari berita tertentu?

Bekasi

Keren! Siap Beroperasi, Pemkot Bekasi Bersama Dengan Grab Luncurkan GrabProtect

Bekasikinian.com, Kota Bekasi  – Pemerintah Kota Bekasi bersama dengan Grab, aplikasi serba bisa terkemuka di Indonesia hari ini meluncurkan GrabProtect di Bekasi.

Diresmikan oleh Rahmat Effendi, Wali Kota Bekasi dan Tri Sukma Anreianno, Head of Public Affairs Grab Indonesia.

GrabProtect hadir sebagai protokol keamanan dan kebersihan untuk meminimalisir risiko penyebaran virus COVID-19 dari transportasi yang dilengkapi dengan fitur keamanan, peralatan kebersihan, serta aturan keamanan terbaru yang menjadi standar terbaik dalam industri ride-hailing.

Melalui kehadiran GrabProtect, Pemerintah Kota Bekasi dan Grab berharap dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang dan mitra pengemudi untuk menunjang aktivitas mereka kembali.

“Saat ini, semua orang mulai kembali melakukan kegiatan sehari-harinya. Namun, kami menyadari masih ada rasa khawatir yang dirasakan setiap orang. Untuk dapat memberikan rasa aman bagi mereka yang siap untuk beraktivitas kembali, kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bekasi untuk menghadirkan GrabProtect,”

“Dengan hadirnya armada GrabCar Protect dan GrabBike Protect, kami bersama dengan mitra pengemudi akan terus mendorong standar keamanan dan kebersihan dalam berkendara bagi mitra pengemudi dan penumpang terutama di Bekasi,” jelas Tri Sukma Anreianno, Head of Public Affairs Grab Indonesia.

Rahmat Effendi, menyambut positif langkah Grab sebagai pionir transportasi online yang telah meningkatkan standar keamanan selama masa pandemi COVID-19.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Kami mengapresiasi langkah Grab untuk menghadirkan GrabProtect dengan protokol keamanan dan kesehatan yang baik bagi masyarakat Bekasi. Dengan persyaratan yang sudah dipenuhi, kami berharap masyarakat dapat kembali beraktivitas dengan aman sekaligus mengurang penyebaran virus COVID-19 di masa transisi.” jelasnya.

GrabProtect memperkenalkan rutinitas dalam berkendara yang baru agar perjalanan lebih aman. Dimulai dengan memastikan pengguna dalam keadaan sehat dan telah mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan sebelum melakukan perjalanan, memberikan mereka kesempatan untuk membatalkan dan memberikan tanggapan kepada Grab jika mitra pengemudi tidak menggunakan masker.

Tak hanya itu, upaya lainnya termasuk meningkatkan praktik menjaga keamanan dan kebersihan seperti membersihkan tangan secara rutin dan menggunakan metode pembayaran non-tunai (cashless payment).

Beberapa langkah tersebut meliputi:

Baca juga: Sekolah Buka 13 Juli, Pepen Sebut Kota Bekasi Sudah Zona Hijau Covid-19

1. Teknologi deklarasi kesehatan online dan mask selfie

Grab akan meluncurkan dua fitur in-app terbaru, formulir deklarasi kesehatan dan kebersihan online dan fitur pengecekan masker via selfie mulai akhir bulan Juni lalu.

Fitur deklarasi kesehatan dan kebersihan online ini akan mengharuskan mitra pengemudi dan pengantaran, serta penumpang untuk memastikan mereka tidak menunjukkan gejala COVID-19 dan telah mematuhi langkah-langkah keamanan serta kebersihan yang diperlukan, sebelum mereka mulai mengemudi, mengantarkan pesanan, atau memesan kendaraan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Mitra pengemudi dan pengantaran juga diminta untuk mengambil selfie dengan menggunakan masker pada fitur mask selfie ( pengecekan masker via selfie) setelah melengkapi formulir deklarasi.

2. Melengkapi kendaraan dengan partisi plastik dan peralatan kebersihan

Sebagai bagian dari program kebersihan GrabProtect di Indonesia, Grab telah membentuk armada GrabCar Protect dan GrabBike Protect yang dilengkapi dengan partisi plastik sebagai pemisah untuk meminimalisir kontak antara penumpang dan mitra pengemudi.

Grab juga akan mendistribusikan peralatan kebersihan yang terdiri dari hand sanitizer, desinfektan kendaraan, masker wajah untuk mitra pengemudi GrabCar Protect di Bekasi selama sebulan mendatang.

Selain itu, Grab juga telah mendirikan posko sanitasi di Bekasi di mana mitra pengemudi dapat membawa kendaraannya untuk disinfeksi.

3. Penumpang dan Mitra Pengemudi dapat membatalkan perjalanan apabila persyaratan masker tidak dipenuhi

Para mitra pengemudi dan mitra pengiriman Grab diwajibkan untuk menggunakan masker setiap kali mereka melakukan perjalanan dengan platform Grab.

Kebijakan yang sama akan berlaku untuk penumpang. Apabila ada salah satu pihak yang tidak menggunakan masker, baik mitra pengemudi dan penumpang dapat membatalkan pemesanan tanpa denda sebelum perjalanan dimulai, dengan memilih “pengemudi/penumpang tidak memakai masker” sebagai alasan pembatalan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Grab juga telah memperbarui fitur penilaian dan tanggapan serta Pusat Bantuan dalam aplikasi dengan opsi baru untuk pelaporan terkait kesehatan dan kebersihan.

Fitur ini memungkinkan para pengguna untuk memberikan tanggapan kepada Grab apabila mitra pengemudi terlihat tidak sehat atau tidak menggunakan masker selama perjalanan.

Grab memonitor tanggapan ini dan akan mengambil tindakan yang diperlukan untuk melindungi keamanan dan kesehatan para penggunanya.

Grab akan terus mengevaluasi aturan ini seiring berjalannya waktu.

Sejak awal pandemi di Indonesia, Grab telah meluncurkan gerakan #KitaVSCorona yang terdiri dari berbagai inisiatif guna mendukung upaya melawan COVID-19.

Grab telah memberikan pelatihan kepada para mitra pengemudi kami terkait protokol kesehatan GrabProtect serta memberikan alat kebersihan seperti hand sanitizer dan masker selama 2 minggu sekali.

Selain itu, Grab juga memberikan partisi plastik antara pengemudi dan penumpang kepada 9.000 mitra GrabBike kami secara gratis secara bertahap ke seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu, kami juga akan memberikan peralatan kebersihan yang terdiri dari hand sanitizer, desinfektan kendaraan, dan masker wajah ke lebih dari 11.000 mitra pengemudi GrabCar Protect selama sebulan mendatang.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Baca juga: Akhirnya! Mulai Hari Ini Ojol di Kota Bekasi Boleh Angkut Penumpang Lagi

Apa reaksimu setelah membaca artikel ini?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Komentar

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terkait

Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Di tengah revitalisasi Stasiun Kota Bekasi, ditemukan daun pintu atau jendela berukuran besar dengan model lawas. Bukan hanya...

Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mengeluarkan Surat Pemberitahuan kepada masyarakat dalam bentuk menindaklanjuti Surat Edaran yang dikeluarkan Menteri Dalam...

Pemerintahan

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Terdapat dua orang yang dinyatakan meninggal dunia dari belasan aparatur sipil negara (ASN) di Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi...

Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Pada pelaksanaan Car Free Day (CFD) di Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi ditemukan sebanyak delapan orang dengan status...

Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Terdapat selisih yang cukup signifikan terkait jumlah data Covid-19 antara Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov)...

Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melalui Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyatakan, Pemkot Bekasi tidak memiliki dana untuk perbaikan...

Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melarang kegiatan industri pariwisata perkotaan untuk dibuka terlebih dahulu. Hal tersebut tertulis...

Bekasi

Facebook Twitter WhatsAppBekasikinian.com, Kota Bekasi – Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi setuju dengan rencana Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk memberi sanski kepada warga...